Senin, 09 Januari 2012

Titip Absen dalam Acara Pelatihan Polines


DIMENSI - (17/12) Serangkaian acara Pelatihan Mencari Peluang Kerja Mahasiswa yang diseleng-garakan  tanggal 10-11 dan 17-18 Desember berakhir dengan menunjukkan kurang antusiasnya peserta pelatihan.  Banyak mahasiswa yang titip absen dan meninggalkan ruangan saat pembicara menyampaikan materi.
“Mahasiswa nampak kurang berminat mengikuti pelatihan, hal tersebut didukung dengan kurang tepatnya waktu yang dipilih panitia.
“Saya rasa panitia juga harus lebih sigap ketika listrik mati dan antisipasi sebelumnya. Hal tersebut  menyebabkan peserta kurang nyaman.   Kalau perlu dikasih tatib biar bisa mengendalikan peserta, karena setahu saya cuma ada satu dosen yang menjaga ruangan,” ungkap Wira Akbar Wibowo, peserta dari jurusan Sipil.
Kegiatan Pelatihan Mencari Peluang Kerja Mahasiswa ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan institusi bagi mahasiswa Polines semester V dan VII.  Menurut Dra. Rara Ririn Budi Utami selaku ketua panitia, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan softskill mahasiswa sehingga menambah kesiapan mereka di dalam mencari pekerjaan.  Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberi bekal bagi para calon alumni.
 Dalam pelatihan bagi Jurusan Administrasi Niaga dan Sipil (17/12), para peserta disuguhi materi mengenai Memahami Potensi dan Kendala Diri Menyiasati Peluang dan Wawancara Kerja, Hubungan Kerja, Pembuatan CV, Resume dan Cover Letter, Online Job Seeker serta Sharing  dari alumni.
Mengenai banyaknya mahasiswa yang hanya titip absen dan meninggalkan kegiatan terutama setelah memperoleh makan siang, Ibu Ririn Budi Utami menyatakan bahwa mungkin mahasiwa  belum merasa membutuhkan saat ini, tapi kelak mereka pasti akan membutuhkan kegiatan tersebut.
Sementara itu, Mukofidhotun Umaroh  menyatakan bahwa acara Pelatihan ini cukup menarik, tetapi karena banyak peserta yang banyak bercanda membuat sulit untuk berkonsentrasi. Lebih lanjut untuk menanggulangi para peserta yang hanya titip absen dan meninggalkan kegiatan agar panitia menyiapkan absen sebanyak 3 kali, yaitu saat pagi, saat istirahat dan saat pulang, panitia juga harus lebih teliti di dalam mengenali mahasiswa terutama bagi yang bertugas menunggui absen.
Terakhir Ibu Ririn berharap agar para mahasiswa bisa meluangkan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat bagi mereka serta bisa menyerap apa yang disampaikan oleh pembicara. [Ika]

0 komentar:

Posting Komentar