Rabu, 11 Januari 2012

FACEBOOK VS TWITTER YANG MERAJAI KAULA MUDA

      Diera globalisasi yang sangat meningkat dari zaman ke zaman, menimbulkan berbagai macam kemajuan, salah satunya adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Terbukti dengan adanya penggunaan internet di berbagai lapisan masyarakat, misalnya friendster, myspace, yahoo koprol, skype, omegle, facebook dan twitter. Mereka menggunakan internet untuk melakukan akses jejaring sosial, guna memperluas pergaulan, menyebarkan suatu informasi, sebagai sarana promosi, iklan ataupun bisnis. Hal tersebut diatas merupakan dampak positif dari penggunaan jejaring sosial. Dimana ada kebaikan pasti ada keburukan dari penggunaan jejaring sosial, diantaranya penipuan, dimanfaatkan dengan tidak semestinya, serta membuat mahasiswa menjadi malas.

     Facebook dan Twitter merupakan sama-sama situs jejaring sosial atau situs pertemanan dengan tingkat kepopuleran yang tidak diragukan lagi.
     Berkaitan dengan hal tersebut, cacrew divisi litbang LPM Dimensi mengadakan jajak pendapat pada mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dengan responden sebanyak 50 mahasiswa yang terdiri dari perwakilan masing-masing jurusan tingkat I, II dan III. Survey ini kami lakukan untuk mencari tahu tentang penggunaan jejaring sosial facebook dan twitter.
     Berdasarkan survey dari 4 buah pertanyaan yang kami ajukan, pendapat mahasiswa mengenai penggunaan facebook dan twitter, sebanyak 34% menempatkan facebook menjadi akses jejaring sosial mereka, 4% memilih twitter, 56% memilih menggunakan facebook dan twitter, dan 6% memilih tidak menggunakan dua-duanya. Kemudian dari hasil polling, diketahui bahwa 22% mahasiswa menyatakan bahwa tingkat kesulitan terletak di facebook, 78% menganggap twitter lebih sulit.
     Ketika ditanya mengenai tampilan mana yang lebih menarik antara facebook dan twitter, 70% mahasiswa menjawab facebook dan 30% twitter.  Namun, 54% mahasiswa menilai facebook lebih populer dibanding twitter, sedangkan 46% menilai twitter yang paling populer.
Berdasarkan hasil survey diatas, maka mahasiswa harus memiliki pengetahuan untuk menilai, mana sisi baik dan buruk suatu jejaring sosial yang mereka gunakan. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa agar lebih memanfaatkan jejaring sosial dengan benar dan lebih bermanfaat.

POLING TENTANG PENGGUNA JEJARING SOSIAL
FACEBOOK VERSUS TWITTER DARI LIMA JURUSAN
DI KAMPUS POLINES

Sumber: Mahasiswa jurusan Akuntasi, Adm. Niaga, T. Mesin, T. Sipil,T.Elektro tingkat I, II, dan III Politeknik Negeri Semarang

0 komentar:

Posting Komentar