Jumat, 20 Januari 2012

AcDC, Tak Sekedar Pencarian Bakat


                        3 besar, peraih peringkat 1,2,3 dalam perlombaan Accest

Polines, DIMENSI (19/01) – Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HiMA) menyelanggarakan sebuah event Accounting Day Competition (AcDC) pada Rabu (18/01) bertempat di kampus Polines. Acara ini bertujuan sebagai wadah pencarian dan pengembangan bakat baik di bidang akademis maupun  non akademis. “Sebenarnya acara ini mempunyai dua sasaran, sasaran ke dalam untuk mengembangkan bakat non akademis mahasiswa akuntansi dan sasaran keluar untuk mencari bakat akuntansi sekaligus mengenalkan Polines,” Tutur Rudy Wijayanto selaku ketua panitia acara. Rangkaian kegiatan berlangsung pada pukul 09.00 - 22.00 WIB. Acara puncak kegiatan tersebut adalah dengan menampilkan Rastaline, band reggae ternama di Semarang di malam harinya.
AcDC terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti AGT (Accounting Got Talent), Accest (Accounting Contest), dan bazar buku serta komputer. AGT adalah ajang untuk menunjukkan bakat seni mahasiswa akuntansi. Peserta AGT merupakan perwakilan tiap kelas yang berada di jurusan Akuntansi. Acara ini dilaksanakan di halaman kantin Tata Niaga. Juara pertama diraih oleh perwakilan kelas Kompak 2-B, juara kedua oleh kelas Kompak 2-A disusul juara ketiga oleh kelas AK 2-A. Masing – masing juara mendapatkan uang tunai dan kupon untuk penyewaan sepeda.
Accest sendiri merupakan lomba akuntansi tingkat SMK se-Jawa Tengah dengan merebutkan piala bergilir Gubernur Jawa Tengah. “Tahun ini Accest diikuti oleh 52 peserta dari 19 SMK se-Jawa Tengah,” terang Nurul Hidayah selaku penanggungjawab Accest. Sebelum memasuki babak final, peserta lomba harus melalui dua tahap seleksi yaitu tahap pertama mengerjakan siklus akuntansi manual, dan tahap kedua mengerjakan akuntansi khusus dengan MYOB. Setelah melalui persaingan yang ketat, keluarlah Diah Setiani dari SMK 2 Magelang sebagai juara pertama, Istiatun dari SMK 1 Wonosobo sebagai juara kedua, dan Siti Zumaroh dari SMK 1 Kudus sebagai juara ketiga. Pemenang mendapatkan trophy accest, sertifikat, dan uang pembinaan masing – masing sebesar  Rp. 1,75 juta, Rp. 1,25 juta, dan Rp. 1 juta . “Saya senang mengikuti acara ini karena menurut saya di dalam acara ini saya dapat mengeksplor dan mempertajam pengetahuan akuntansi saya,” ungkap Diah Setiani peraih juara pertama.
AcDC semakin meriah dengan adanya bazar buku dan komputer. Bazar ini diikuti oleh Gramedia, Yudhistira, Erlangga, Penerbit Andi, Toga Mas, dan Toha Putra. “Saya harap acara seperti ini dapat terus dilakukan di tahun – tahun berikutnya dan meningkatkan kualitas acara,” harap Ibu Ch. Retno Gayatri salah satu dosen akuntansi yang sekaligus menjadi juri dalam perlombaan akuntansi. [ambar,erk-mgg]


0 komentar:

Posting Komentar