Rabu, 29 Agustus 2012

Asam Manis Mengikuti LDK



Dua hari sudah kita menjalankan LDK atau Latihan Dasar Kedisiplinan yang wajib diikuti oleh para maba sebagai rangkai-an acara untuk penerimaan mahasiswa baru. LDK dilaksanakan selama 3 hari dan dilanjutkan oleh kegiatan WaRNA. LDK dilatih oleh para raider dan mahasiswa dari UKM Menwa. Mereka sangat disiplin, dan tegas. Misalnya saja saat maba datang terlambat kita disuruh jalan jongkok. Selain itu jika ada maba yang melakukan kesalah-an para raider dan menwa tak segan lagi untuk menghukum kita. Sebagai contohnya, sewak-tu acara makan siang di parkiran Elektro, ada salah seorang teman kami yang sudah meminum minumannya sebelum ada komando dari pelatih. Botol bekas minumannya langsung diambil dan dibuat seperti topi lalu dipakaikan di kepalanya.

Sistem makan siangnya pun rumit. Banyak aturan, dari sebelum makan sampai selesai makan. Pembagian katering pun rusuh, seharusnya hal tersebut bisa diatasi dengan pihak UKM yang menyediakan jasa katering membagikan makanan disesuai-kan per pleton supaya proses pembagiannya lebih rapi dan lebih mudah. Selain itu makanan yang sudah kita dapatkan dari katering ditukar dengan teman lainnya. Itu pengalaman yang seru karena kita harus bertukar-tukar makanan tanpa harus me rasa keberatan karena makanan kita ditukar dengan maba yang sepenuhnya belum kita kenal.

Namun di balik kerumitan tersebut, ada bagian yang menyenangkan. Sebagai contohnya sebelum kita makan, kita harus mengucapkan kode makan yang telah diajarkan oleh para raider. Kodenya seperti ini “Hap. . . . Hap Pyeng. . . Pyeng. . . Pyeng. . . Pyeng Hap” ucapan tersebut disertai dengan gerakan tangan. Itu membuat kita merasa terhibur di tengah-tengah rasa lapar dan lelah yang mendera kita.
Bukan hanya proses pembagian katering saja yang rusuh, koordinasi pada saat sholat pun juga kurang efektif. Kita hanya diberi waktu sebentar saja untuk sholat, di samping itu kita berdesak-desakkan waktu wudlu, apalagi pada sholat ashar tadi air mushola sempat tidak mengalir.

Pengalaman mengikuti LDK tahun ini sangat seru, tetapi cukup melelahkan karena jadwal kegiatan yang sangat padat dan tidak ada waktu jeda untuk istirahat yang diberikan oleh para raider dan menwa. Di samping itu, teriknya matahari juga membuat kita merasa kepanasan dan terbakar, terlebih-lebih kita tidak diijinkan untuk minum di sela-sela kegiatan.

Seluruh kegiatan yang diberikan para pelatih membuat kita lebih disiplin. Sebut saja dari hal terkecil, kita disuruh berangkat tepat waktu. Kita minum apabila telah mendapat perintah dari pihak pelatih. Setelah makan siang, para menwa praktek membangun dan membongkar tenda di hadapan para maba. Kita sangat antusias melihatnya karena ketangkasan yang diperlihatkan para menwa dalam membangun tenda tadi.
Banyak hal-hal baru yang kita temukan saat mengikuti kegiatan LDK selama dua hari ini. Dan dihari terakhir besok kita berharap LDK lebih seru dan berkesan.

0 komentar:

Posting Komentar