Jumat, 09 November 2012

Upaya Tingkatkan Kompetensi Bahasa Lewat TOEFL


Polines, Dimensi- Test Of English for Foreign Language (TOEFL) untuk mahasiswa semester I Polines diadakan di gedung kerjasama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa pada Sabtu (3/11) yang lalu. Pihak institusi menyelenggarakan tes tersebut dengan tujuan untuk memberi apresiasi pada mereka yang telah diterima sebagai mahasiswa baru di  Polines. Tes ini juga digunakan untuk mengukur kompetensi bahasa inggris mahasiswa, serta sebagai input data bagi Polines mengenai kompetensi mahasiswa baru. Disamping hal tersebut tes ini juga merupakan upaya dari institusi agar mahasiswa lebih familiar dengan TOEFL. Sehingga diharapkan nantinya mereka lebih siap untuk menghadapi TOEFL sebagai syarat pengajuan  tugas akhir.
Sri Wahyuningsih selaku Sekretaris UPT Bahasa menuturkan bahwa pada tahun ini direktur Polines  Totok Prasetyo,B.Eng,MT mengharapkan nilai TOEFL mahasiswa mengalami peningkatan.
“Tahun kemarin kriteria kelulusan TOEFL adalah empat ratus. Kecuali untuk program studi telekomunikasi yang telah mensyaratkan kriteria kelulusan empat ratus dua puluh lima. Untuk tahun ini direktur berharap nilai TOEFL mahasiswa mencapai empat ratus lima puluh. Namun tentunya ketentuan ini akan dikembalikan pada kebijakan di jurusan masing-masing,” jelas Sri Wahyuningsih.
Lebih lanjut Sri mengatakan bahwa harapan direktur ini didasarkan pada fakta bahwa ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan nilai TOEFL lebih dari empat ratus. Sehingga apabila mahasiswa Polines telah memiliki nilai TOEFL empat ratus lima puluh direktur mengharapkan mereka dapat lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu untuk mempersiapkan diri saat ini mahasiswa yang telah duduk di smester V telah mendapat pelatihan TOEFL sejak smester IV kemarin.
Mengingat banyaknya jumlah peserta TOEFL, Ketua UPT Bahasa Iman Suroso menyampaikan bahwa pelaksanaan TOEFL untuk mahasiswa baru ini berlangsung dalam empat gelombang. Yaitu pada tanggal 3, 10, 17, dan 24 November 2012. Setiap gelombang terdapat tiga sesi, yaitu sesi pertama pukul 07.00, sesi kedua pukul 10.00 dan sesi ketiga pukul 13.00.[]

0 komentar:

Posting Komentar